Manfaat Radioterapi Linac untuk Pengobatan Kanker

...

Apa itu radioterapi?

Radioterapi merupakan terapi dengan menggunakan modalitas sinar pengion untuk membunuh sel kanker, yang bersumber dari radiasi yang dibangkitkan menggunakan Linac atau dengan sumber radioaktif alami contohnya menggunakan Cobalt, atau Iridium dll.

Akselerator linier (Linear Accelerator, LINAC) adalah alat yang menghasilkan sinar x berenergi tinggi dengan kemampuan ionisasi tersebut (sinar pengion), berasal dari sumber partikel elektron yang dipercepat dan ditabrakkan pada target logam berat sehingga menghasilkan sinar x berenergi tinggi.

Radioterapi dengan menggunakan Linac relatif lebih nyaman dan aman dari segi proteksi radiasi selama memenuhi standar dan regulasi yang ditetapkan, karena ketika alat dimatikan maka tidak ada radiasi yang terpancar, berbeda dengan sumber radioaktif alami yang terus menerus mengeluarkan radiasi.

Radioterapi lebih umum atau sering digunakan untuk membunuh sel kanker, bisa juga digunakan untuk tumor jinak dengan pertimbangan tertentu. Misalnya yang lokasinya di organ vital seperti otak dan menimbulkan gejala yang mengganggu, contohnya schwannoma, meningioma atau yang telah mengalami kekambuhan berulang, contohnya keloid.  


Radioterapi: Solusi pengobatan kanker

Mengapa Mayapada Hospital Jakarta Selatan memilih mendatangkan alat canggih ini daripada upaya lain untuk memerangi kanker?

Salah satu alasannya adalah radioterapi merupakan terapi yang telah terbukti/berbasis bukti dan efektif sehingga merupakan pilihan tepat untuk membunuh sel kanker maupun mengecilkan ukuran tumor.

Hampir setengah dari pasien kanker dianjurkan untuk melakukan radioterapi, atau setidaknya 5 dari 10 penderita kanker dianjurkan untuk melakukan radioterapi sebagai bagian dari pengobatan kankernya.

Hal lainnya adalah, radioterapi tidak hanya untuk mengobati penyakit kanker, namun digunakan juga untuk mengatasi jenis tertentu penyakit non-kanker.

Radioterapi bahkan sangat dianjurkan untuk beberapa kanker stadium lanjut yang sulit dioperasi dengan margin bersih dari tumor (stadium locally advanced) atau untuk elderly patients yang memiliki kontra indikasi atau terlalu lemah untuk operasi atau kemoterapi.


Cara kerja radioterapi 

Prinsipnya adalah dengan membunuh sel kanker sebanyak-banyaknya dan melindungi jaringan normal sehingga efek samping minimal. Dengan teknik yang advanced seperti Intensity Modulated Radiation Therapi (IMRT), lapangan penyinaran dapat dibuat mengikuti lekukan/kontur sesuai bentuk tumor dan dosis dapat disesuaikan (dose painting) sehingga tidak semua area tumor maupun area berisiko penyebaran tumor akan mendapatkan dosis yang sama tetapi memungkinkan untuk mendapatkan dosis yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Demikian juga dengan bagian tubuh tertentu yang secara normal bergerak seperti pergerakan dinding dada saat bernafas, pergerakan dinding perut, dapat diminimalisir terjadinya target miss akibat pergerakan dengan Image Guided Radiation Therapy (IGRT).

Radiasi pun dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien dengan VMAT. Untuk target yang terletak dekat organ-organ beresiko dan membutuhkan presisi serta dosis tinggi perradiasi, dapat menggunakan teknik stereotaktik.

Sumber:  Health Insight Vol 12
 

Informasi dan pendaftaran pasien onkologi (kanker) di Pusat Layanan Unggulan Onkologi Mayapada Hospital, silakan hubungi hotline 150770

tags :

Spesialis Kanker Oncology Center