Kanker Kandung Kemih dan Penanganannya

...

Apa itu kanker kandung kemih?

Kandung kemih adalah organ yang terletak di tengah perut bagian bawah. Organ ini berfungsi menampung urin, sebelum dibuang dari tubuh melalui saluran yang disebut uretra.

Kanker kandung kemih terjadi ketika sel-sel di dalam kandung kemih tumbuh tidak terkendali dan membentuk sel kanker. Jika terus tumbuh, sel kanker bisa menyebar ke jaringan di sekitar kandung kemih, atau menyebar ke organ lain yang lebih jauh, seperti hati, tulang, dan paru-paru.

Kanker kandung kemih merupakan kanker terbanyak nomor 11 di dunia. Mayoritas pasien dengan kanker ini merupakan stadium awal.

Merokok, baik aktif maupun pasif, telah dikaitkan dengan kejadian penyakit ini. Walaupun belum terbukti secara ilmiah, namun zat karsinogen (penyebab kanker) telah ditemukan pada populasi yang menggunakan rokok elektrik.

Paparan terhadap zat kimia aromatic amin dan hidro karbon (biasa ditemukan pada industri cat, besi, dan, bahan bakar) juga merupakan faktor risiko kanker ini yang berkaitan dengan pekerjaan.

Pasien dengan kanker kandung kemih dapat mengeluhkan buang air kecil (BAK) berdarah tanpa rasa nyeri.


Pemeriksaan dan tindakan kepada pasien kanker kandung kemih

Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium seperti urine lengkap dan sitology urine. Sementara pemeriksaan radiologi meliputi Ultrasonografi (USG), Computed Tomografi (CT-scan), dan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Tindakan diagnostik yang dapat dilakukan adalah sistoskopi + TURBT (di mana dokter akan memasukkan teropong dalam kandung kemih dan mengambil jaringan tumor bila ada).

Semua pemeriksaan di atas digunakan untuk penentuan derajat invasi tumor (gambar 1) dan stadium/staging kanker kandung kemih dan menentukan terapi yang sesuai.

Terapi penyakit ini beragam mulai dari operasi teropong (sistoskopi + TURBT), kemoterapi, radiasi, operasi pengangkatan kandung kemih, dan kombinasi antara terapi-terapi tersebut.

Penentuan tatalaksana di sesuaikan dengan usia, keadaan umum pasien, staging dan prognosis. (Foto hanya ilustrasi)

Gambar 1. Derajat invasi tumor. Diambil dari Panduan penanganan kanker kandung kemih tipe urotelial, IAUI, 2014


Informasi dan pendaftaran pasien onkologi (kanker) di Pusat Layanan Unggulan Onkologi Mayapada Hospital, silakan hubungi hotline 150770

 

Ditulis oleh:
dr. Dyandra Parikesit, BMedSc, SpU
Dokter Spesialis Urologi (Saluran Kemih)
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktiknya di sini

tags :

Spesialis Kanker Oncology Center