Bedah Rekonstruksi Onkologi untuk Penyintas Tumor dan Kanker

...

Apa yang dimaksud Onco-Reconstructive Surgery (Bedah rekonstruksi onkologi)?

Prosedur operasi yang mengangkat tumor/kanker pada jaringan tubuh sesuai kaidah onkologi dan membentuk kembali jaringan tubuh yang hilang tersebut dengan bentuk yang alami (natural).

Prosedur ini merupakan integrasi teknik operasi plastik ke dalam operasi tumor/kanker untuk menjaga kualitas hidup dan estetika, tanpa mengurangi pengendalian penyakit. Hal ini biasa dilakukan kepada penyintas tumor/ kanker payudara. Ini mencakup tiga kegiatan bedah: pengangkatan tumor (lumpektomi), rekonstruksi payudara, dan kesimetrisan dengan payudara lainnya.


Mengapa diperlukan keahlian Onco-Reconstructive Surgery?

Umumnya pasien kanker yang berobat ke rumah sakit di Indonesia datang dalam keadaan stadium lanjut. Salah satu alasannya, karena pasien takut operasi yang berakibat kehilangan jaringan tubuh yang terkena kanker. Pasca operasi merasa kurang sempurna akibat kehilangan jaringan tubuhnya.

Oleh karena itu berkembang keahlian onco-reconstructive surgery, yaitu keahlian operasi khusus yang dapat mengoperasi kanker secara baik dan benar serta mampu membentuk jaringan tubuh yang hilang agar kelihatan alami (natural)


Apa saja faktor yang menentukan tindakan Onco-Reconstructive Surgery?

  • Jenis tumor (jinak/ganas)
  • Ukuran tumor
  • Lokasi tumor
  • Hasil diskusi antara Anda dan dokter


Apa keuntungan Onco-Reconstructive Surgery?

  • Menambah kepercayaan diri 
  • Estetik/kosmetik 
  • Menurunkan preokupasi (pemikiran negatif) tentang tumor
  • Rasa nyaman karena tidak harus memakai prothesis 
  • Operasi satu tahap.

Onco-Reconstructive Surgery dapat dilakukan dengan implant/silikon atau dari jaringan tubuh sendiri. Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah konsultan onkologi untuk mendapatkan informasi tentang rekonstruksi yang baik dan aman.

Tindakan Onco-Recontructive Surgery dapat dilakukan di Mayapada Hospital Kuningan (MHKN), Jakarta. (Foto hanya ilustrasi)


Informasi dan pendaftaran pasien onkologi (kanker) di Pusat Layanan Unggulan Onkologi Mayapada Hospital, silakan hubungi hotline 150770

Ditulis oleh:
dr. Iskandar, Sp.B.(K) Onk
Dokter Spesialis Bedah Onkologi 
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktiknya di sini

tags :

Spesialis Kanker Oncology Center